6 Fakta Honda Yang Jarang Kita Ketahui
February 13, 2018
Ingin Kredit Motor? Berikut Proses Mudah Kredit Motor Honda Samarinda
February 15, 2018
Show all

Evolusi CBR Dari Masa Ke Masa

Samarinda – Penggemar setia motor sport, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Honda CBR. Honda CBR memberikan berbagai inovasi untuk mengaplikasikan teknologi yang telah dikembangkan ke dalam sebuah tipe mesin sepeda motor yang benar-benar baru.

The Joy of Handling merupakan daya tarik tersendiri dari sepeda motor, dimana rider mempunyai kendali penuh saat berkendara di segala lintasan. Selama lebih dari 20 tahun Honda terus berevolusi untuk memberikan yang terbaik.

Bagi para rider yang mendambakan hal serupa, Honda CBR RR merupakan pilihan yang tepat. Tim pengembangan CBR RR bersama pembalap Hikaru Miyagi turut berbagi cerita dibalik perjalanan CBR RR. Berikut ini cerita perjalanan evolusi Honda CBR Series dari masa ke masa.

Sejak kehadiran generasi pertama CBR900RR pada tahun 1992, Seri CBR telah berevolusi selama lebih dari 20 tahun. Seiring perjalanannya dengan berbagai inovasi, semua ini untuk satu tujuan, memberikan rider kendali penuh di segala lintasan.

Diluncurkan dua tahun setelah generasi pertama, CBR900RR keluaran tahun 1994menghadirkan efisiensi mesin yang ditingkatkan dan fork depan yang dapat di atur dengan kemampuan road-holding yang luar biasa. Berkat fitur-fitur ini, mesin dengan kendali luar biasa ini menjadi semakin menarik.

Untuk meningkatkan desain ringan model awal ke tingkat selanjutnya, setiap bagian motor kembali dipoles, dengan cowl atas yang dibuat dari aluminium bukan besi dan penutup kepala silinder dari aluminium yang diolah menjadi magnesium. Gaya motor juga berubah banyak. Lampu depan dual light diubah menjadi multi-reflector lights yang disebut “tiger eyes“, dan cowlmenjadi segaris dengan body motor.

Rangka twin spar tidak terlalu mengubah penampilan dari model 1992-1995, namun hal ini membuat motor menjadi lebih ringan dan mengoptimalkan kekakuan. Bentuk tangki bensin dan posisi duduk yang baru, memberikan pengendalian yang semakin baik.

Tampilan luar menghadirkan cowl belakang yang baru dengan tingkat aerodinamis yang baik. Pada mesin, lubang mesin dibesarkan 1 mm dan stroke menjadi 71 mm x 58 mm, meningkatkan displacement dari 893cc menjadi 918cc. Meningkatkan rideability 4 PS lebih tinggi dari keluaran maksimum 128 PS dan posisi klep penutup baru pada karburator.

Berkat pipa pembuangan dari bahan besi stainless, bentuk tangki bensin dan pompa pembuangan bensin, CBR900RR tahun 1996 memiliki berat 183 kg – 1 kg lebih ringan dari model generasi pertama.

Pada tahun 2000, generasi kelima CBR900RR (CBR929RR) semakin menyempurnakan visi model generasi pertama. Hampir semua elemen struktural merefleksikan pendekatan teknologi yang baru dan lebih maju, termasuk mesin dengan displacement yang lebih tinggi, di mana seri ini merupakan seri pertama yang menggunakan fuel injection system.

Tahun 2008, generasi kesembilan CBR1000RR lahir. Mengusung konsep All the Best in Super Sport, model generasi kesembilan ini didesain untuk menjadi nomor satu dalam rideability, desain dan tenaga. Menghadirkan sistem back torque limiter yang diambil dari RC212V, serta assist slipper clutch yang mengurangi beban tuas kopling.

Kemudian untuk merayakan 20 tahun debut seriCBR, generasi keduabelas CBR1000RRdiperkenalkan pada tahun 2012. Dalam segala aspek, generasi ini telah mencapai tingkat kedewasaan yang baru. Suspensi depan dan belakang diberikan struktur baru untuk memberikan dampak signifikan bagi pengendalian.

Kemudahan pengendalian memang jadi tujuan utama desain CBR1000RR generasi kesembilan. Sebab inilah yang diperlukan motor super sportFuel injection juga diperbaiki untuk menghasilkan kontrol yang lebih baik saat gas dibuka dari kondisi tertutup rapat. Hasilnya, akses tenaga yang besar namun hati pengendara tetap bisa tenang.

 

Untuk pertama kalinya, motor sport kelas ini langsung dirakit di Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama yang menerapkan teknologi perakitan barunya. Proses produksi model ini memanfaatkan penggunaan area dan proses kerja yang efisien berkat penerapan teknologi baru Pick to Light System dan Interlock System di sepanjang lini perakitan. Untuk menjamin ketepatan perakitan pada mesin dan komponen motor, AHM mendesain lini perakitan khusus yang berbeda melalui desain Clean Room Assembly System.

Baca juga : 6 Fakta Honda Yang Jarang Kita Ketahui

Sekian tentang Evolusi CBR Dari Masa Ke Masa semoga dapat menambah pengetahuan dalam berkendara. Jika postingan in bermanfaat bagi pembaca maka sebarkan melalui sosial media pembaca agar kerabat dan orang-orang tersayang di sekitar anda dapat mengetahui manfaat yang sama.

Safe Ride and Salam Satu Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us