Idling Stop System, Apa Sih Gunanya?
March 14, 2018
Starter Motor Kamu Mati? Coba Periksa 4 Hal Ini
March 15, 2018
Show all

Mana Lebih Baik Electric Starter atau Kick Starter?

Samarinda – Pada kebanyakan motor yang digunakan untuk aktivitas harian, dibekali 2 cara menghidupkannya. Pertama pakai electric starter. Kedua dengan cara diengkol (kick starter).

Dibanding menggunakan kick starter, cara pertama lebih banyak dipilih biker lantaran proses yang gampang. Tinggal pencet tombol di setang kanan, motor langsung nyala seketika.

Tapi anggapan atau mitos yang beredar di kalangan biker, cara menghidupkan motor yang baik, seharusnya dengan cara diengkol.

Yup, mula-mula motor diselah (diengkol) dulu sebanyak 4-5 kali dalam kondisi kunci kontak off.

Tujuannya supaya oli naik lebih dahulu dan melumasi area mesin, sebelum mesin benar-benar dihidupkan.

Lalu mana cara yang lebih baik di antara keduanya?

Sebenarnya sama-sama baik sob, tinggal dilihat kondisi motornya terlebih dahulu. Misalnya motor dalam keadaan prima, tentu lebih direkomendasi pakai electric starter karena itu lebih memudahkan.

Sementara jika mesin motor dalam kondisi dingin atau ketika motor sudah lama tidak dipakai, lebih baik memakai kick starterdalam proses menghidupkannya.

Selain bisa memaksimalkan proses pelumasan, menghidupkan motor dengan cara diengkol juga bisa mencegah kick starter dari kerusakan.

Yup, kick starter bisa keras dan macet jika lama tidak digunakan. Penyebabnya, karena ada kotoran pasir atau debu yang mengendap di per stopper dan gir.

Baca juga : Idling Stop System, Apa Sih Gunanya?

Sekian tentang Mana Lebih Baik Electric Starter atau Kick Starter? semoga dapat menambah pengetahuan dalam berkendara. Jika postingan in bermanfaat bagi pembaca maka sebarkan melalui sosial media pembaca agar kerabat dan orang-orang tersayang di sekitar anda dapat mengetahui manfaat yang sama.

Safe Ride and Salam Satu Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us