Bagaimana Cara Karburator Motor?
March 16, 2018
Fakta Unik Honda Scoopy Yang Harus Kamu Ketahui
March 18, 2018
Show all

Pilihan Bahan Body Kit Yang Sesuai Dengan Kamu

Samarinda – Melakukan modifikasi motor adalah salah satu jalan yang biasanya bikers lakukan karena tidak puas dengan tampilan dari pabrikan , sehingga mengubah tampilan standard dari pabrikan menjadi lebih keren,berbeda dan lebih sporty. Untuk tingkat level modifikasi motor pun berbeda beda tergantung budget yang dikeluarkan ,ada yang modif motor ringan (menggantian underbone, menambah full fairing, ganti aksesoris ) dan ada juga yang memodifikasi dengan level extreme yaitu mengubah total keseluruhan body , kerangka motor menjadi suatu konsep desain motor yang berbeda.

Sedangkan untuk bahan modifikasi khususnya bagian body yang banyak di jual dipasaran yaitu ada 2 : bahan body kit dari fiberglass atau serat gelas dan bahan yang kedua yaitu Plastik (biasanya orang menyebut dengan plastik ABS). Dari kedua bahan tersebut terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan ,dua material ini tentunya sudah tidak asing dalam dunia modifikasi motor dan mobil.

Bahan Body Dari  Fiberglass

Fiberglass atau fiber adalah bahan atau material yang paling umum yang banyak digunakan untuk memodifikasi motor dan sangat sering kita temukan di body kit pada motor yang berukuran kecil sampai dengan motor gede (moge).

Untuk pembuatannya biasanya sudah ada cetakan body kitnya (body kit ini tergantung ingin mencetak body motor seperti apa R15, R125 dan lain sebagainya). Jika sudah mempunyai cetakan body kit tentuya tidak memperlukan alat khusus untuk membuat cetakan fiber, jadi tinggal melakukan kreasi di warna dan juga grafisnya.

Untuk bahan fiberglass ini memiliki macam level tingkat kualitasnya , jadi semakin bagus kualitas body kit dari bahan atau material fiberglass tersebut maka semakin mahal harga body kit tersebut jadi bahasa gampangnya adalah ada harga ada rupa . Keunggulan atau kelebihan yang dimiliki material ini yaitu bentuk bodynya bisa lebih tajam sesuai dengan yang dinginkan ,sedangkan untuk membuat sudut sudut kalau dari bahan fiberglass ini cukup sulit dan rumit , untuk bobot sendiri bahan body dari fiberglass biasanya lebih berat dibandingkan dengan bahan dari plastik.

Oiya perlu di ketahui bahwa bahan fiber glass tidak memiliki pori pori sehingga harus mempunyai keahlian dalam proses melakukan pengecetanya agar tampilan dari bahan body kit tersebut terlihat lebih kinclong. Akan tetapi hal ini juga menyebabkan body kit fiber warna gampang atau bisa memudar,untuk mengatasi hal tersebut maka bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas cat agar cat pada body tersebut bisa bertahan lebih lama.

Selain yang saya sebutkan tadi ada juga juga lho yang beranggapan bahwa body kit dari bahan fiberglass yaitu mudah retak ,jika terkena panas secara terus menerus atau terkena benturan misalnya jatuh , hal ini bisa saja benar dan juga salah . Kenapa..? seperti yang sudah saya jelaskan tadi , semua bady kit yang terbuat dari bahan material fiberglass tergantung kualitasnya, kalau murahan yang gampang pecah tapi kalau kualitasnya bagus biasanya identik dengan mahal.Bahan  fiberglass ini lebih kaku sehingga menyebabkan lebih mudah pecah.

  • Kelebihan dan keunggulan bahan fiberglass :
  1. Yang pertama tentunya untuk bentuk bisa dibentuk sesuai keiinginan
  2. Warna cat terlihat lebih cerah dan kinclong tergantung keahlian dalam  proses pengecetanya .
  3. Cukup Kuat kenapa…? ya kembali lagi ke kualitas , helm motor yang kita gunakan juga ada yang terbuat dari fiberglasss ).
  4. Proses pembuatan juga lebih mudah selain itu tidak perlu alat khusus untuk pembuatan .
  • Kekurangan dan kelemahan bodi kit  bahan  fiberglass :
  1. Body atau bobot Lebih berat dari pada bahan  plastik ABS.
  2. Untuk warna pada body tersebut mudah pudar .
  3. Harga Fiberglass mahal tapi tergantung dari kualitasnya.
  4. Body umumnya lebih  kaku yang menyebabkan gampang pecah.

Bahan Body Dari  Plastik ABS

Untuk bahan yang kedua dalam proses pembuatan body yaitu menggunakan plastik ABS , body kit plastik ini sering juga digunakan dan juga cukup lengkap seperti halnya pada body kit yang menggunakan bahan fiberglass. Untuk bodykit yang menggunakan plastik ABS biasanya masih memiliki label /berlabel dari pabrikan. Contohnya gampangnya misalnya seperti ini , body kit Motor yamaha R15 yang akan di aplikasikan ke motor lain (vixion) biasanya motor akan menyesuaikan dengan pamasangan Body R15 dengan penambahan /dibuat braket dan juga diubah agar bisa dipasang di body motor lain (vixion).

Untuk body kit yang terbuat dari bahan material plastik ABS asal pabrikan sebenarnya sudah keren,tetapi untuk buatan dari aftermarket masih ada banyak yang memiliki tampilan kaku dan kurang OK (ada yang kurang lancip dengan aslinya). Keunggulan dari bahan plastik ABS ini yaitu cat dari body kit plastik biasnya terkenal dengan awetnya (tapi kembali lagi dengan kualitasnya) sedangkan untuk beratnya biasanya lebih ringat dibandingkan dengan body kit fiberglass.

Bahan material Body kit yang terbut dari plastik ABS ini biasanya banyak dipilih konsumen dari keawetanya dan juga lebih lentur, apalagi jenis plastik yang sudah berlabel ABS (anti break system) tentunya tidak mudah rusak. Terlebih lagi body kit ori untuk motor standar dari pabrikan , anda bisa lihat sendiri hehe , begitu awet dan juga lentur. Oiya untuk harganya sendiri body kit dari bahan plastik lebih murah di bandingkan dengan fiberglass,tapi ya tergantung kualitas juga , hehe

Untuk Pembuatan Body kit yang menggunakan bahan plastik ini tidak bisa sembarangan karena harus menggunakan alat khusus kenapa…? karena agar bagian ujungnya lebih presisi. Walaupun body kit plastik sudah berlabel ABS bukan berarti tidak mudah pecah , sebenarnya sama aja , kalau di tambrakan ya pecah :3 . Jika terkena kerikil saya kira aman aman saja, sleain itu untuk cat atau wanra yang disematkan pada body kit bahan plastik ini lebih awet dan tahan lama dan lebih kalem.jika tidak suka dengan warnanya anda bisa melakukan ulang cutting stiker.

  • Kelebihan bodi kit Menggunakan bahan plastik :
  1. Yang pertama tentunya lebih Awet (misalnya body tersebut terkena benturan kecil (krikil ) dan lebih lentur dari pada fiberglass  .
  2. Untuk bobotnya sendiri body kit yang menggunakan bahan plastik lebih Lebih ringan dari fiberglass
  3. Untuk Cat lebih awet dan tahan lama
  4. Bagian ujung ujung Bodi kit lebih terlihat presisi karena menggunakan alat khusus dalam proses pembuatanya.
  • Kekurangan bodi kit plastik :
  1. Dalam proses pembuatan Membutuhkan alat yang khusus
  2. Warna cat pada body kit yang menggunakan bahan plasti kurang begitu cerah.

Menurut saya lebih bagusan bahan dari plastik ABS, lebih bagus lagi dari pabrikan langsung, yang ori walaupun mahal tapi kualitasnya terjamin awet dari cat dan juga bahannya. kedua bahan tersebut memang memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing masing jadi pilihan kembali kepada anda, yang penting adalah budget anda kalau mau modifikasi motor. Semua pilihan tergantung kemampuan budget (uang) dan juga kebutuhan.

Baca juga :  Ketahui Fungsi Serta Jenis Kabel Body Motor HondaMu

Sekian tentang Pilihan Bahan Body Kit Yang Sesuai Dengan Kamu semoga dapat menambah pengetahuan dalam berkendara. Jika postingan in bermanfaat bagi pembaca maka sebarkan melalui sosial media pembaca agar kerabat dan orang-orang tersayang di sekitar anda dapat mengetahui manfaat yang sama.

Safe Ride and Salam Satu Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat