Seleksi Pelajar Jago Wirausaha, Bisa Ikutan Astra Honda Motor Best Student
April 3, 2018
Special Edition Honda CBR250
April 4, 2018
Show all

Salah Kaprah, Ternyata Bahaya Isi Bensin Full Tank

Samarinda – Kebiasaan mengisi bensin full tank, sepertinya harus mulai dihentikan. Karena sebenarnya mengisi tangki kendaraan mobil hingga mencapai bibir lubang pengisian bahan bakar itu tidak baik.

Mengisi bensin hingga penuh sama bahanyanya dengan mengendarai mobil atau motor dalam kondisi tangki mobil kosong. Mengapa tidak boleh penuh? Karena bahan bakar butuh udara agar tidak mengendap.

Jadi, saat mengisi bahan bakar, lebih baik mengisinya hingga bunyi plop pertama dari mesin SPBU. Sehingga tetap ada ruang antara bensin dan leher tangki.

Bunyi Plop akan terdengar saat otomatis noozle selang stop sendiri, karena itu artinya tangki hampir penuh. Mengisi bahan bakar tidak full tank juga lebih menguntungkan.

Bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap balik ke tangki SPBU, sehingga sebagian bensin yang kita bayar, akan kembali masuk ke tangki SPBU. Hal ini bisa terjadi karena mesin pengisian bahan bakar modern sudah dilengkapi dengan penghisap uap mesin.

Saat selang pengisian mendeteksi bahwa bensin yang diisikan sudah penuh, maka penghisap akan otomatis menyedot uap bensin yang keluar dari lubang pengisian mobil atau motor.

Tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Lubang ini fungsinya untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma.

Hal ini juga berimbas bagi kesehatan, karena uap bensin sangat berbahaya. Setiap bensin yang tumpah atau menguap, menajdi faktor penyumbang polusi udara. Jangan lupa, setiap bensin yang tumpah saat pengisian BBM yang berlebihan, harus dibayar juga. Jangan sampai niat ingin irit, justru terbalik menjadi boros.

Baca juga :  Seleksi Pelajar Jago Wirausaha, Bisa Ikutan Astra Honda Motor Best Student

Sekian tentang Salah Kaprah, Ternyata Bahaya Isi Bensin Full Tank semoga dapat menambah pengetahuan dalam berkendara. Jika postingan in bermanfaat bagi pembaca maka sebarkan melalui sosial media pembaca agar kerabat dan orang-orang tersayang di sekitar anda dapat mengetahui manfaat yang sama.

Safe Ride and Salam Satu Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us