Gaya Super Kece Supermoto Honda CRF 150L
February 18, 2018
Spesifikasi dan Harga Honda PCX 150 2018 Samarinda
February 19, 2018
Show all

Tips Berkendara! Cara Aman Membonceng Anak

Samarinda – Ketika sore tiba atau ada waktu senggang, acap kali ada orangtua membonceng anaknya pakai sepeda motor untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Tentunya harus hati-hati saat mengendarai motor supaya tetap aman di perjalanan.

Namun sayangnya seringkali juga ada pengendara motor yang membonceng anak-anaknya melaju kencang. Bahkan, mereka berani menerobos lalu lintas.

 Padahal pengendara motor harus memperhatikan sisi keamanan pribadi maupun anaknya yang dibonceng. Jangan suka menembus rambu lalu lintas dan perhatikan yang lain supaya tidak celaka.

Bonceng anak di tengah

Orangtua jangan membiasakan menaruh anak di depan saat mengendarai motor. Lebih amannya, anak-anak diapit di bagian tengah motor. Saat membawa anak, pastikan mengajak pendamping yang bisa melindunginya. Usia anak juga harus diperhatikan supaya aman berkendara di jalan.

Idealnya, kalau membonceng anak kira-kira anaknya harus mengerti, sudah bisa duduk tegak, kalau ngantuk bisa ngomong dan bisa pegangan erat.

Jangan membonceng anak di depan, karena menyebabkan anak sakit, antara lain dada sesak diterpa angin kencang, kena asap kendaraan lain, gampang lelah, dan sebagainya.

Pakai Perlengkapan Standar

Naik motor, baik dekat atau jauh harus mengenakan perlengkapan standar. Misalnya harus pakai helm, celana panjang, jaket, dan sepatu yang aman. Sematkan juga perlengkapan tersebut kepada anak supaya sama-sama nyaman saat berkendara.

Jangan Ngebut di Jalan

Saat berkendara di jalan raya ataupun di jalan yang tak ramai, jangan berkendara dengan kecepatan tinggi. Hal itu bisa membahayakan anak, mereka bisa jatuh atau malah mengalami hal lain. Pastikan berkendara dengan kecepatan 60 km/jam paling tinggi.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Jangan melanggar lampu merah atau malah melawan arah. Selain berisiko kecelakaan, Anda juga mengganggu pengendara lainnya.

Paling penting, pengendara juga bisa mengajarkan anak untuk patuh terhadap aturan di jalan raya yang sudah ditetapkan.

Berhenti Saat Hujan Deras

Jangan memaksa untuk berkendara saat hujan deras turun. Pastikan anak-anak terlindung dari hujan. Dimas mengatakan, jika hujan deras langsung berhenti di tempat yang aman. Kasihan anak-anak yang sedang dibonceng, mereka gampang sakit dan mengalami risiko lainnya.

Baca juga : Gaya Super Kece Supermoto Honda CRF 150L

Sekian tentang Tips Berkendara! Cara Aman Membonceng Anak semoga dapat menambah pengetahuan dalam berkendara. Jika postingan in bermanfaat bagi pembaca maka sebarkan melalui sosial media pembaca agar kerabat dan orang-orang tersayang di sekitar anda dapat mengetahui manfaat yang sama.

Safe Ride and Salam Satu Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat